Bergabunglah di grup telegram Urie Join now

3 Pondasi Penting Saat Usia 20-an

Usia 20an tahun adalah masa-masa emas bagi setiap orang, di usia 20an inilah pondasi kehidupan seseorang akan menentukan sukses atau tidaknya

Tulisan ini dibuat saat usia urie pertengahan 20-an tahun menurut urie usia 20-an tahun ini adalah salah satu fase usia yang penting banget untuk menambah referensi pengetahuan dan terutama pengalaman. waktunya untuk mencoba banyak hal-hal yang positif, waktunya salah, waktunya gagal, waktunya kecewa. Kecewa dengan banyak hal dan realitas yang sering enggak sesuai dengan ekspektasi dan harapan.

waktunya untuk mengeksplor semua potensi dalam diri, untuk kamu yang saat ini berada di usia 20-an tahun yang akan segera memasuki fase kuliah atau mungkin saat ini sedang ber kuliah, atau baru saja lulus dan masih bingung mau apa dan kemana arah tujuan hidup kamu, pastikan kamu membaca tulisan ini sampai habis.

Pondasi Penting Saat Usia 20-an
Pondasi Penting Saat Usia 20-an Tahun

Ada istilah dari orang bijak bilang kurang lebih begini

lebih baik gagal karena telah mencoba daripada menyesal karena tidak pernah mencoba

tentu dalam konteks yang baik dan positif ya. karena kalau gak baik dan gak positif kamu sudah sama-sama tahu akhirnya akan kemana, ya musibah. Misalnya kamu coba-coba narkoba bersiaplah kamu akan kecanduan dan pada akhirnya akan berakhir kematian, jadi kata bijak diatas bukan untuk hal negatif melainkan untuk hal yang positif, begitu pula seluruh isi tulisan ini.

Kembali ke pembahasan, tulisan ini khusus dibuat sebagai bagian dari refleksi Urie tentang apa yang sebetulnya dibutuhkan oleh anak muda di usia 20-an tahun. mengingat 16.3 % lebih dari total penduduk Indonesia saat ini diisi oleh anak muda usia 20-29 tahun, dan jika menghitung usia produktif maka total persentasenya adalah 64% lebih, maka jelas ini menjadi pertanyaan yang lumayan menggelitik pikiran Urie akhir-akhir ini.

Uriepedia - data penduduk Indonesia tahun 2022 dalam juta jiwa
Uriepedia - data penduduk Indonesia tahun 2022 dalam persentase

Pernahkah kamu berpikir memangnya skill yang dipelajari oleh orang tua dulu sama kah dengan skill yang dibutuhkan sekarang? Sama halnya dengan skill yang dibutuhkan 10 tahun ke depan emangnya Sama kah dengan skill yang kita pelajari sekarang.

Well waktu terus berubah, zaman terus berganti, teknologi telah hadir dan semakin berkembang, bahkan manusia itu sendiri terus berubah. Untuk itu jangan hanya mau menerima hafalan tanpa bertanya darimana datangnya atau kenapa bisa demikian. Jangan mau menerima doktrin yang mengharuskan kamu untuk berprofesi A, berprofesi B, atau berprofesi C jika ingin sukses. Karena itu adalah hasil dari mindset mereka, bukan dari diri sendiri. Kesuksesan adalah Hasil 

  • hasil pemikiran,
  • hasil dari mindset,
  • hasil kamu berdinamika baik dengan diri sendiri atau dengan lingkungan
  • hasil dari berupaya dan berdoa

Dan yang paling penting itu semua adalah hasil dari tiga hal berikut yang menurut Urie sangat baik untuk kamu miliki saat masih berusia 20-an tahun.

1. Curiosity akan Ilmu dan Pengalaman

yang pertama adalah curiosity atau keingintahuan, rasa penasaran haus akan ilmu, halus dengan pengalaman, selalu ingin mencari tahu, kenapa Curiosity ini penting? simplenya karena peradaban itu dimulai dari rasa penasaran, dari rasa penasaran munculah pertanyaan, dari pertanyaan munculah jawaban, dari jawaban muncul pemikiran, dari pemikiran ide — kreativitas — inovasi muncullah kemajuan, dan dari kemajuan munculah peradaban.

Peradaban di mulai dari rasa penasaran

Jadi kalau ada yang bertanya peradaban itu mulainya dari mana maka kita udah sama-sama tahu jawabannya dari sini 🧠 dan Salah satu fase dimana curiosity itu sedang tumbuh dan berkembang pesat banget adalah usia 20-an tahun.

dengan kata lain kalau kamu sekarang berada di rentang usia duapuluh tahunan dan tidak penasaran dengan banyak hal, literaly dengan apapun, Baik itu dengan sosial-politik kesehatan, cinta lawan jenis pendidikan, seks, ekonomi dan seterusnya tunggu dulu, jangan-jangan kamu sudah enggak bertumbuh lagi, apanya yang tidak bertumbuh yaitu mindset dan mental. Dua hal ini, mindset dan mental menjadi sangat penting untuk berkembang di usia 20-an tahun dan awal mula keduanya berkembang adalah dari rasa penasaran.

Sayangnya pendidikan kita atau warisan sistem pendidikan kita, terutama secara budaya masih sangat kental dengan mendikte alias mendoktrin. Padahal kreativitas, inovasi, penemuan itu selalu berbanding terbalik dengan sistem doktrin dan mendikte.

Empat alasan kenapa tetap mempertahankan rasa penasaran (stay curios) itu penting adalah karena:

1). Membuat kamu berpikir secara aktif

yang pertama rasa penasaran itu ngebuat kamu berfikir secara aktif, enggak pasif dan ini penting banget untuk memastikan sel-sel saraf, neuron dan semua bagian yang ada di dalam otak kamu itu tetap bekerja, karena otomatis dengan begitu otak kamu akan semakin terasah, terasah untuk mengingat sesuatu, terasah untuk berpikir kreatif, terasah untuk menghadirkan solusi dalam memecahkan masalah dan seterusnya.

2) Memberikan ide baru

Dengan curiosity yang tinggi membuat kamu jadi bisa menemukan banyak ide baru, dan dari sinilah penemuan, inovasi atau perkembangan akan hadir, sekali lagi itu hanya bisa terjadi saat kamu mau -- berfikir.

3). Membuka banyak kesempatan

yang ketiga alasannya adalah It opens Up new world and possibilities itu membuka banyak kesempatan dan kemungkinan teman-teman pakaian salah satu pertanyaan orang yang kiri nya tinggi pasti adalah

  • Gimana kalau, atau
  • What if

karena otomatis dengan sendirinya akan banyak ide-ide baru dan kemungkinan yang hadir, dan bukan nggak mungkin kesempatan itu justru tercipta dan hadir dan

4) Memberikan kegembiraan

Yang keempat alasannya adalah it brings excitement in our life, ketika kamu berpetualang kamu pilih mana antara melewati jalan yang lurus mulus kayak jalan tol, selama satu jam atau jalan yang berkelok-kelok dengan banyak bebatuannya, banyak kerikilnya, banyak tantangannya? saya pastikan besar kemungkinan mayoritas kita akan memilih jalan yang berkelok-kelok, kenapa coba? Karena itu membawa kegembiraan — petualangan — pengalaman — intinya seru, sama halnya dengan kehidupan karena kehidupan sendiri adalah sebuah petualangan.

Dam memang hidup ini sendiri akan jauh lebih exciting saat memunculkan rasa ingin tahu, untuk itu siapapun kamu, dimanapun, dan bagaimanapun kondisi sosial-ekonomi kamu sekarang, atau apapun profesi kamu sekarang, pastikan bahwa kamu tetap menjaga rasa haus akan ilmu dan pengalaman, stay curios.

2. Berani

Hal kedua yang penting dimiliki saat usia 20-an tahun adalah keberanian, di usia ini penting banget untuk kamu berani dan memberanikan diri, meskipun sebenarnya kamu takut, tapi kamu berupaya untuk memberanikan diri, berani untuk membangun jejaring, berani untuk keluar dari zona nyaman, berani untuk membuktikan ide-ide yang dianggap kebanyakan orang itu adalah gila dan gak mungkin.

Berani untuk membela nilai dan prinsip yang kamu pegang, karena justru keberanian ini yang akan membedakan mana yang wacana dan mana yang rencana, mana yang hanya sekedar ide dan mana yang akan menjadi karya.

3. Kesehatan Fisik dan Kesehatan Psikis

Hal ketiga adalah kesehatan, kesehatan ini ada dua, yaitu kesehatan fisik dan kesehatan psikis. 

1). Kesehatan fisik

kalau fisik berarti urusannya dengan olahraga dan nutrisi yang kamu makan. karena penting untuk memastikan bahwa tubuh kita mendapatkan haknya, hak untuk istirahat, hak untuk diberi makanan yang baik, nutrisi yang baik, gizi yang baik, sehingga setiap organ bisa menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal dan itu semua akan sangat berpengaruh kepada kondisi fisik kita setelah umur 30-an nanti.

Jadi kalau ada habit kecil yang mulai bisa kamu invest atau lakukan sejak usia 20-an adalah salah satunya pola hidup sehat. pikirkan kamu di 10 tahun ke depan, kalau kamu sekarang 20 tahunan berarti nanti 30 tahunan, kalau kamu berumur 30-an tahun Berarti 40-an tahun demikian seterusnya akan sangat berterima kasih dengan kita yang 10 tahun yang lalu mau mengurangi konsumsi gula misalnya, atau olahraga teratur atau enggak minum alkohol atau nggak ngerokok.

Minum air putih yang cukup, tidur teratur dan seterusnya. karena ini bukan investasi untuk orang lain ini investasi diri kita masing-masing, kalau kita sakit Percaya deh, Ada banyak hal yang enggak bisa kita kerjakan Ada banyak hal yang akan kita sesali dan yang paling nyesek sewaktu itu enggak bisa diulang. maka lebih bagus merasakan sakitnya sekarang daripada harus menderita kemudian.

2). Kesehatan psikis

Kesehatan yang kedua adalah psikis, kalau psikis adalah tentang hati atau jiwa atau ruh, kalau Urie pribadi sehat secara psikis ini urie bedakan menjadi dua yaitu harizontal dan vertikal. Kalau vertikal itu adalah dengan Allah Subhanahu wa ta'ala sang Maha Pencipta, ini adalah tentang hak individu kamu dan Tuhan yang tahu tentang seberapa dalam niat dan kedalaman hati seseorang.

Hubungan Vertikal Dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala

Bagi Urie hubungan dengan sang pencipta sangat penting dan harus terus dijaga dan di tingkatkan, selain menjaga hati atau ruh tetap tenang, juga agar Urie selalu dalam lindungan dan pertolongan nya. Sehingga minimal di usia dua puluhan ini kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa tidak ditinggalkan. Tidak disini, Urie akan mengelaborasi ini di segment yang lain insyaallah atau kamu bisa membaca tulisan urie tentang antara thumaninah dan ketenangan hati.

Beberapa Tips Sehat Psikis untuk Menunjang mental Usia 20-an Tahun

1) Shalat wajib 5 waktu

Menjaga shalat wajib lima waktu itu sangat penting selain karena kewajiban juga merupakan bentuk dari penghambaan dan rasa syukur terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala.

Allah tidak memuji orang tua yang rajin shalat, tapi Allah memuji pemuda yang taat

2) Membaca Al-Quran setiap hari

Ustad Adi Hidayat kurang lebih pernah mengatakan seperti ini

bacalah alquran meskipun tidak mengerti artinya, bacalah Al-Quran meskipun hanya satu lembar sehari, Dengan begitu ketenangan jiwa akan di dapatkan karena Alqur'an itu langsung menuju jiwa

3) Punya amalan sunnah

Ada banyak alasan kenapa kamu harus punya amalan sunnah tapi alasan yang paling Urie nomor satukan adalah sebagai wasilah untuk bertemu Nabi Muhammad Sholallahualaihi wa sallam, jadi jika kelak insyaallah bertemu nabi di telaga kautsar saat nabi bertanya

Kamu umatku?
Ya, ya Rasulallah
Apa sunnahku yang kamu kerjakan?

Maka kamu bisa membuktikannya dengan amalan sunnah yang selalu istiqomah di kerjakan dan dengan begitu kita mudah-mudahan diakui sebagai umatnya dan sekaligus mendapatkan syafaatnya kelak aammiinn.

Hubungan Horizontal Dengan Sesama Makhluk atau Manusia

Hubungan horizontal yaitu sesama manusia, ini juga penting bahkan bisa dibilang super penting bagi anak muda usia 20-an tahun, karena banyak anak muda yang sering banget melewatkan kesempatan untuk berjejaring di usia 20-an tahun padahal ini penting banget. seorang mentor pernah bilang begini

Network atau jejaring itu adalah harta karun yang paling berharga saat kita muda

Karena anak muda punya kecenderungan berteman apa adanya, bukan ada apanya kalau teman-teman udah sukses sudah punya usaha misalnya punya brand tertentu.

Di usia tiga puluh tahun ketika kamu sudah menempati posisi tertentu secara profesi, maka orang akan menghubungimu atau mau berteman dengan kamu biasanya karena "ada apanya" so Urie selalu bilang bangunlah jejaring selagi kamu masih muda, bangun Network itu justru saat kita masih muda baik dengan sesama anak muda, dengan mencari sosial kontrol kamu yang visinya kurang lebih sama goalnya juga kurang lebih sama juga kita cari komunitasnya, karena biasanya komunitas itu bicara tentang nilai dan yang gak kalah pentingnya adalah cari mentornya teman-teman.

Satu dari tujuh kebiasaan orang sukses menurut Corley dalam bukunya Rich habit adalah mereka selalu punya mentor, orang yang bertumbuh dan orang yang produktif biasanya adalah mereka yang memiliki mentor

Keduanya antara kesehatan fisik dan kesehatan psikis itu sama-sama penting bahkan bisa dibilang saling melengkapi satu dengan lainnya, keseimbangan keduanya justru yang akan menentukan kamu siap atau tidak dengan tantangan kehidupan di level selanjutnya.

Kesimpulan Hal Penting Saat Usia 20-an tahun

Itu dia tiga hal yang menurut Urie penting banget untuk kita miliki di usia 20-an tahun yaitu antara lain:

  1. Curiosity
  2. Keberanian
  3. Kesehatan

komen di bawah kalau menurut kamu tiga hal tadi perlu kita elaborasi menjadi skill-skill teknis yang dibutuhkan anak muda di era 5.0 

karena bisa jadi skill di Tahun 2023 itu berbeda dengan skill yang dibutuhkan 20 tahun yang lalu dan skill yang dibutuhkan sekarang bisa jadi berbeda dengan industri yang akan berkembang 10 tahun ke depan

Terima kasih sudah membaca tulisan ini sampai habis stay curios, stay brave, stay healthy and stay humble Assalamualaikum wr wb.

Seorang penulis amatir yang selalu ingin belajar untuk terus mengembangkan diri dalam mencapai potensi penuh sebagai manusia bumi.