Bergabunglah di grup telegram Urie Join now

Makna Kemerdekaan Pada Tahun 2023

Makna kemerdekaan sekarang dengan kemerdekaan tahun 1945 mungkin berbeda, namun maknanya kurang lebih sama yaitu kita ingin merdeka "'bebas" .

Assalamualaikum ketemu lagi bersama Uriepedia pada sesi opini, sebetulanya tulisan ini dibuat pada bulan Agustus tahun 2023 lalu, tapi belum sempat saya mempublishnya karena banyak transisi kehidupan yang sedang Urie alami, tapi bukankah pepatah mengatakan

Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali

Uriepedia

Niatnya sih mau dipublish Agustus tahun 2024 tapi saya rasa itu terlalu lama dan dinamika kehidupan sosial di Indonesia akan berubah juga kan. So, biarlah nanti tulisan ini saya update bersama dengan berjalannya waktu.

Kembali kepembahasan, bulan Agustus adalah bulan yang spesial bagi negara Indonesia karena sudah 78 tahun yang lalu di bulan ini negara Indonesia mendeklarasikan diri sebagai bangsa yang merdeka, sekarang umur bangsa ini udah 78 tahun dan 22 tahun lagi akan menuju ke tahun 2045 yang berarti 100 tahun Indonesia telah merdeka, yang mana semua orang sudah menggadang-gadang tentang Generasi Emas dari sekarang, namun pertanyaannya adalah:

  1. Siapa yang dimaksud dengan generasi emas?
  2. Apa yang akan terjadi saat generasi emas itu hadir?
  3. Apa yang akan ditawarkan oleh generasi emas? dan
  4. Bagaimana kita, memaknai kemerdekaan saat itu?

Sebelum membahas lebih jauh dan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas mari kita kupas terlebih dahulu tentang kemerdekaan, sebetulnya Merdeka itu apa? apakah Merdeka itu secara harfiah tidak bergantung pada pihak lain? mari diskusikan di kolom komentar

Sejujurnya pertanyaan-pertanyaan tadi berkecamuk dalam pikiran Urie hingga akhirnya memutuskan untuk membuat tulisan ini sebagai opini tentang merdeka di tahun 2023.

uriepedia - Merdeka Pada Tahun 2023
Bebas berekspresi dan berkarya merupakan kemerdakaan diri

Apa itu Merdeka?

Kalau kamu mendengar kata Merdeka kira-kira apa yang paling pertama muncul dalam pikiran kamu?kalimat seperti bebas, tidak bergantung pada orang lain, mandiri, pasti adalah kata-kata yang paling pertama muncul dipikiran kamu bener ga?

Tapi mari kita lihat definis merdeka dari Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI :

Merdeka artinya bebas, berdiri sendiri, tidak bergantung pada orang lain.
Definisi merdeka menurut kbbi

So, dengan definisi merdeka dari KBBI kurang lebih apa yang paling sering muncul dipikiran kamu itu kurang lebihnya benar.

Sedangkan menurut Cambridge dictionary

Independen itu artinya not influenced or controllerd in any way by other people, event or things.

- Cambridge dictionary

Salah satu pengertian yang diambil dari Oxford dictionary mengartikan bebas atau independen atau self-governing adalah

independent and free to do things without needing help from others

- Oxford dictionary

Terlepas dari kamu setuju atau tidak setuju dengan tiga definisi kemerdekaan di atas, kalau kamu mau menyatukan tiga definisi kemerdekaan tadi maka kurang lebih merdeka itu bisa kita artikan sebagai

Kondisi ketika kamu tidak lagi berada dibawah pengaruh atau kontrol pihak lain yang membatasi keputusan kamu, dan kamu cukup percaya diri dan yakin untuk mengambil pilihan sikap dan pilihan sudut pandang selama itu bisa kamu pertanggung jawabkan.

Penerapan dari makna kemerdekaan ini bisa dalam skala mikro maupun skala makro menyesuaikan dengan konteks tentunya.

Contoh penerapan pada skala makro misalnya dalam tataran Bangsa dan Negara Indonesia, tahun 1945 kemerdekaan lebih sering diartikan dalam konteks berbangsa dan bernegara.

Suatu negara merdeka secara de facto dan de jure untuk membuat keputusan dan kebijakan nasional untuk mengurusi masyarakatnya sendiri.

Contoh penerapan kemerdekaan pada skala mikro yaitu skala terkecil dari rantai kehidupan sosial adalah Urie, kamu atau kita yaitu manusia itu sendiri di tingkat individu. Maka sebagai individu punya akan confident, punya rasa yakin dan bertanggung jawab atas keputusan dan pilihan sikap diri sendiri maka bisa diartikan sebagai manusia yang Merdeka.

Urie ingin meng-highlight dua indikator dari semua pengertian tentang merdeka yang tadi di bahas yaitu:

  1. Pengaruh atau kontrol
  2. Confident rasa yakin, atau rasa percaya diri

1. Pengaruh atau kontrol

Salah satu cara terbaik untuk mengontrol dan mempengaruhi sesuatu adalah dengan mengikatnya — salah satunya lewat aturan. Aturan sebagai siswa dari sekolah aturan mahasiswa dari pihak kampus aturan pegawai atau karyawan dari perusahaan atau institusi tempat dia bekerja.

Sebagai makhluk juga miliki aturan dari tuhan, bahkan di tingkat paling dasar sebagai makhluk sosial sekalipun manusia diikat dengan aturan atau norma sosial di tempat dirinya tinggal. Baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis, misalnya norma sosial yang ada di Indonesia belum tentu sama dengan norma sosial yang ada di Eropa, norma sosial di Eropa belum tentu sama dengan yang ada di Timur Tengah dan seterusnya.

Dengan kata lain menurut Urie tidak ada manusia yang memiliki pilihan sikapnya bebas tanpa batas, its impossible, bebas tanpa batas itu hanya ada dalam ide atau pikiran, maka wajar kalau ada istilah kreativitas tanpa batas itu hanya ada dalam pikiran, bukan pilihan sikap tanpa batas.

Karena kreativitas itu adanya di ide, gagasan, dan atau pemikiran, oleh karena itu pikiran merupakan satu-satunya hal yang paling bebas di dunia ini.

Kamu bebas berpikir apapun dan sampai kemanapun, sebab yang membatasi pikiran kamu hanyalah diri kamu sendiri, penyebab pikiran yang terbatas, bisa jadi karena logika yang tidak mampu menjangkaunya atau karena pengetahuan dan pengalaman kamu yang belum sampai kesana, oleh karena itu —

  • Tidak semua yang kamu pikirkan bisa kamu ucapkan
  • Tidak semua ide bisa di jalankan
  • Tidak semua kreativitas bisa di eksekusi

Karena pasti ada saja halangan dan rintangan yang menghadang saat kamu mulai mengeksekusi sebuah ide dan kreativitas, artinya merdeka itu diawali dari pikiran, dengan pikiran yang merdeka, kamu mau dan mampu melihat dari semua sisi, mempertimbangkan secara objektif dari semua aspek, maka keputusan dan pilihan sikap kamu ini juga akan jauh lebih bertanggung jawab.

  • bukan karena ikut-ikutan orang
  • bukan karena social pressure
  • bukan karena ekspektasi lingkungan pada dirimu

Tapi karena kamu sudah mempertimbangkan secara matang — tahu resikonya — berani menghadapinya, positif & negatifnya diperhatikan dengan baik, dan pada akhirnya kamu yakin untuk mengambil keputusan maka menurut Urie kamu adalah manusia yang merdeka. Mungkin tetap akan terikat pada suatu aturan yang ada, namun merdeka secara pikiran akan cenderung melahirkan tindakan dan pilihan sikap yang juga merdeka.

Karena merdeka di tahun 1945 adalah merdeka secara fisik, maka merdeka di tahun 2023 adalah merdeka secara mental dan psikis.

Kenapa manusia harus merdeka?

Setidaknya ada dua alasan kenapa manusia harus merdeka

1. Untuk Mencapai Potensi Maksimal

Pertama agar kita bisa sampai pada potensi maksimal diri sendiri atau istilah lainnya adalah The best version of us. Apakah kamu tahu bahwa Urie, kamu dan kita semua ini adalah masterpiece, kita diciptakan oleh Yang Maha Kuasa dengan model potensi yang berbeda-beda dan tidak terbatas.

Maka sudah menjadi tugas kita untuk menggali — melatih — mengasah potensi tersebut hingga pada titik terbaiknya. Namun saat ini yang menjadi masalah pada generasi muda Indonesia adalah belum apa-apa sudah menyerah, yang lebih parahnya lagi itu dilakukan dari alam bawah sadarnya, belum apa-apa sudah mengerdilkan dirinya sendiri, misalnya:

  • Ah kayaknya target itu terlalu besar deh buat saya,
  • Itu mah hanya kesempatan buat orang kaya saja
  • Hanya mereka yang terlahir dengan previllage tertentu yang bisa sampai ke sana
  • dan seterusnya —

Sikap mental inferiority complex atau merasa rendah diri ini menjadi salah satu ciri bangsa yang pernah dijajah, ada yang bisa move on dari sikap mental ini ada juga yang tidak bisa, dan harus kita akui mayoritas masyarakat Indonesia, khususnya anak muda di Indonesia ini masih ada dalam lingkaran inferiority complex.

Pikiran alam bawah sadarnya cenderung melihat bahwa dirinya adalah bangsa kelas dua atau bahkan bangsa kelas tiga, atau merasa berasal dari negara berkembang yang sampai kapanpun tidak akan pernah bisa sama dan menyaingi negara-negara Eropa, Amerika, Jepang atau negara-negara maju lainnya. Merasa terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja, merasa tidak akan pernah bisa sama dengan mereka yang orangtuanya sudah punya privilage secara finansial, power, dan seterusnya. jika kamu salah satu orangnya ayo, mulai bangkit dari sekarang.

Jika kamu masih berpikir rendah diri, ingatlah Urie kamu dan kita semua tidak bisa milih starting pointnya dari mana, namun yang bisa kamu tentukan adalah finishing point kamu mau sampai ke mana dan ini adalah tanggung jawab diri sendiri.

Kalau kamu tidak percaya, silahkan tonton video dokumenter, video-video apapun yang menceritakan kehidupan di luar negeri atau bahkan kehidupan orang-orang kaya di Indonesia, maka pikiran pertama yang akan muncul adalah :

  • Enak yah di sana
  • Wah itu kehidupan bangsa maju
  • itu adalah gaya hidup orang-orang kaya
  • punya helikopter sendiri
  • punya rumah banyak
  • Dan seterusnya.

Jika pikiran itu muncul maka kamu sudah memberi jarak dengan kesuksesan kamu sendiri, membangun penjara di pikiran alam bawah sadar kamu, sukses itu disana sedangkan kamu di sini, kaya itu disana sedangkan kamu di sini.

Padahal Merdeka itu adalah kebutuhan dasar manusia untuk mencapai potensi paling maksimal pada diri sendiri, kesempatan untuk menentukan pilihan, kesempatan untuk menentukan akan berprofesi sebagai apa, kesempatan mau menjadi apa akan terbuka pada mereka yang merdak pada dirinya. Tapi karena merasa rendah diri akhirnya kamu tidak berani mencoba sesuatu, karena merasa rendah diri akhirnya kamu merasa takut gagal, karena merasa rendah diri akhirnya kamu enggak berani ngelamar satu pekerjaan dan seterusnya.

Maka dari itu janganlah terlalu cepat menutup diri pada kesempatan, karena kamu tidak akan pernah tahu pintu mana yang akan mengantarkan kamu pada level yang selanjutnya.

2. Memberikan kontribusi maksimal

Alasan kedua kenapa kita semua penting untuk merdeka adalah agar bisa berkontribusi yang maksimal, karena kalau diri sendiri saja tidak merdeka maka pasti akan terikat pada sesuatu yang akan menghalangi perkembangan diri sendiri, misalnya terjajah oleh kebiasaan-kebiasaan buruk, oleh ego dan mood diri sendiri yang tidak bisa di kendalikan, oleh pikiran-pikiran negatif yang sebetulnya itu belum tentu terjadi dan seterusnya.

Artinya kemerdekaan itu harus di mulai dari diri kita sendiri, akumulasi dari kemerdekaan-kemerdekaan individu akan memberikan potensi dan kontribusi maksimal untuk diri dan lingkungannya. Bayangkan jika Urie, kamu, keluarga, teman, memiliki pribadi yang merdeka maka indah kehidupan ini.

Ketika ini dilakukan secara konsisten dan jangka panjang maka 2045 sebagai generasi emas ini bukan lagi hanya sebagai potensi, tapi akan sama-sama kita lihat sebagai sebuah realitas

Tips Merdeka di tahun 2023

Berikut adalah lima tips dari Urie Gimana caranya kita bisa merdeka di tahun 2023

1. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri

Yang pertama adalah bertanggung jawab dengan apa yang menjadi pilihan sikap kamu, caranya bagaimana? mulailah lihat konsekuensi dari setiap pilihan dan tindakan kamu misalnya manfaat atau mudhorotnya, baik atau buruknya maka saat kamu putuskan pilihan tersebut kamu memutuskannya dengan sadar dan penuh rasa tanggungjawab, bukan berdasarkan paksaan apalagi dibawah pengaruh pihak lain maka setidaknya kamu sudah jadi manusia merdeka setidaknya untuk keputusan diri sendiri.

2. Perluas zona nyaman/tinggalkan zona nyaman

Tips yang kedua adalah perluas zona nyaman kamu, pelajari banyak hal baru yang bermanfaat, perluas networks, perluas pertemanan, perdalam skill yang menjadi potensi kamu. Hal inilah yang disebut dengan meninggalkan zona nyaman atau Urie lebih suka istilah memperluas zona nyaman. yang jelas saat kamu mencoba hal baru di luar kebiasaan lama maka di awal pasti akan merasa tidak nyaman, benar-benar butuh pembiasaan, butuh proses, butuh adaptasi, butuh konsistensi yang semua ini membuat kamu menjadi tidak nyaman.

3. Jadilah pembelajar seumur hidup

Tips yang ketiga being a longlife learner jadi manusia pembelajar, menurut Urie cara ini salah salah satu definisi merdeka karena kita nggak akan cepat puas dengan apa yang kita miliki kita enggak akan sombong dengan apa yang kita pahami, karena kita sadar diatas langit masih ada langit dan yang kita pahami ini belum ada apa-apanya menjadi manusia pembelajar akan membuat literasi kita pengetahuan dan pengalaman kita terus bertambah dan ini akan terus menambah sudut pandang kita dalam melihat masalah dan solusi

4. Confident

Tips yang keempat adalah Confident, kemenangan terbesar adalah kemenangan pada mental dan pikiran 78 tahun sudah Bangsa Indonesia sudah Merdeka, waktunya pikiran kita juga diakselerasi menjadi manusia yang yakin, yakin atas dirinya, yakin atas keputusan-keputusan nya, yakin dengan masa depannya, mindset-midset lama yang memandang diri kecil, memendang rendah diri, Ayo kita ganti dengan mindset-mindset baru yang membuka kesempatan seluas-luasnya. Karena dengan demikian kita akan siap untuk mencoba sesuatu yang diatas rata-rata.

To get something you never had, you must do something you never did

5. Just Do It

Tips yang kelima adalah eksekusi apa yang bisa kamu lakukan, sudah lakuin saja, karena yang mahal dari sebuah karya adalah eksekusinya. Coba renungkan jangan-jangan selama ini kamu terpenjara dengan kebiasaan-kebiasaan buruk kamu sendiri, misalnya suka menunda-nunda pekerjaan, suka meremehkan orang lain, dan sebagainya.

Dan di tahun ini meski di tengah segala keterbatasan, yuk buktikan bahwa rencana yang kamu buat bukan hanya sekedar wacana dengan mengeksekusi, lakukan apa yang masih bisa kamu lakukan, 2023 sudah berlalu 10 bulan masih ada sisa 2 bulan lagi, bagaiman siap jadi manusia merdeka?.

Sampai ketemu di tulisan Uriepedia selanjutnya, wasalaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seorang penulis amatir yang selalu ingin belajar untuk terus mengembangkan diri dalam mencapai potensi penuh sebagai manusia bumi.