Bergabunglah di grup telegram Urie Join now

20th Century Boys ketika Fantasi Menjadi Kenyataan

20th Century boys adalah manga yang diciptakan oleh Naoki Urasawa. Ber genre fiksi ilmiah dan misteri dengan cerita kompleks & penuh dengan perjuangan

20th Century Boys (bahasa Jepang: 20世紀少年, Hepburn: Nijusseiki Shōnen) adalah sebuah serial manga Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Naoki Urasawa. Awalnya diserialisasikan dalam majalah manga seinen Shogakukan, Big Comic Spirits dari tahun 1999 sampai 2006, dengan 249 bab yang diterbitkan menjadi 22 volume tankōbon. Kelanjutan dari 16 bab, berjudul 21st Century Boys (21世紀少年, Nijūisseiki Shōnen), diterbitkan di majalah yang sama dari tahun 2006 hingga 2007 dan dikumpulkan ke dalam dua volume tankōbon.

Bercerita tentang Kenji Endo dan teman-temannya, yang menyadari bahwa seorang pemimpin sekte sesat yang hanya dikenal sebagai "Teman" sedang berusaha menghancurkan dunia, dan bahwa ikon sektenya memiliki kemiripan yang mencolok dengan simbol yang dikembangkan pada masa kanak-kanak mereka. Serial ini membuat banyak referensi ke sejumlah manga dan anime dari tahun 1960-an-1970-an, serta musik rock klasik, dengan judul yang diambil dari lagu T. Rex, "20th Century Boy".

Sedikit informasi tentang Naoki Urasawa, beliau lahir di Tokyo pada tanggal 2 Januari di tahun 1960 seorang mangaka hebat yang memegang rekor sebagai pemenang terbanyak dalam ajang Shokakugan Manga Award untuk penghargaan General Manga of the Year, tiga kali untuk manga Yawara! pada tahun 1986, Monster pada tahun 2000 dan 20th Century Boys pada tahun 2002.

20th Century boys ketika fantasi menjadi kenyataan

20th Century boys ketika fantasi menjadi kenyataan

Ada banyak karya-karya yang telah di ciptakan oleh Naoki Urasawa dan salah satu karya yang ingin saya bagikan opini saya terhadapnya adalah karyanya yang berjudul 20th Century Boys.

1. Informasi pendek mengenai 20th Century boys

Judul asli : 20世紀少年
Judul romaji : Nijusseiki Shonen
Judul in English : 20th Century Boys
Pengarang : Naoki Urasawa
Genre : Fiksi Ilmiah, Misteri
Volume : 22
Penerbit Jepang : Shogakukan pada tahun 1999
Penerbit Indonesia : Level Comics pada tahun 2005

Manga 20th Century Boys terbit pada tahun 1999 oleh Shogakukan dan kemudian mendapatkan penghargaan Manga Kodansha dalam kategori umum pada tahun 2001, di Indonesia sendiri, manga 20th Century Boys diterbitkan oleh Level Comics pada tahun 2005. Manga yang bergenre fiksi ilmiah dan misteri ini terbilang memiliki alur cerita yang cukup kompleks dan berat khas Naoki Urasawa. So jadi bagi kamu yang baru ingin baca manga 20th Century boys Urie sarankan untuk mempersiapkan memori otak dan mental kamu.

2. Sinopsis pendek 20th Century boys

Manga 20th Century Boys bercerita tentang kenji dan teman-temannya, merupakan sekelompok anak-anak kelas 5 sd lainnya pada tahun 70an. sebagai mana anak kecil pada umumnya, mereka bermain dan menghabiskan waktu bersama-sama.

Tentu saja Fantasi, imajinasi dan khayalan tak luput dari pikiran dan keseharian mereka. Sebagaimana anak kecil, mereka berfantasi menjadi pahlawan yang menyelamatkan bumi dari penjahat. Merekapun menulis dan mendokumentasikan apa saja yang terjadi di masa depan dalam buku ramalan mereka.

Hingga suatu hari ketika mereka sudah dewasa, kenji mendirikan sebuah usaha mini market dan mendapati kasus aneh dimana sebuah keluarga menghilang, hanya menyisakan sebuah tanda aneh namun familiar di dinding belakang rumah mereka.

Suatu hari Kenji dikagetkan dengan kabar bahwa teman masa kecilnya yaitu Donkey tewas bunuh diri, Kenji merasa kaget dan aneh lantaran Donkey bukanlah orang yang akan melakukan hal sembrono seperti itu.

Perasaan anehnya semakin kuat ketika Kenji membuka surat yang dikirimkan Donkey tepat sebelum kematiannya terdapat tanda aneh yang sama dengan yang Kenji lihat sebelumnya, dalam surat tersebut Donkey mengajak mereka untuk bertemu dan membahas terkait simbol aneh tersebut.

Dari isi surat tersebut Kenji Pun menyimpulkan bahwa Donkey tidak bunuh diri, melainkan dibunuh seseorang. Oleh karena itu Kenji bertekad untuk membongkar kasus tersebut hingga terkuak.

Namun semakin lama Kenji menelusuri kasus tersebut semakin ia menyadari bahwa ada skema besar yang sedang terjadi disekitarnya yang berhubungan dengan simbol aneh tersebut.

3. Story line 20th Century boys

Alur cerita ini mengandung banyak spoiler, saya sarankan untuk skip sesi ini jika tidak ingin kena spoiler

Alur cerita 20th Century boys

Pada tahun 1969, anak laki-laki Kenji, Otcho, Yoshitsune, dan Maruo membangun, di lapangan kosong, tempat persembunyian yang mereka sebut markas rahasia, tempat mereka dan teman mereka dapat berkumpul untuk berbagi manga dan majalah porno curian serta mendengarkan radio. Untuk merayakan acara tersebut, Otcho menggambar simbol pangkalan yang akan mewakili persahabatan mereka. Setelah teman mereka Yukiji dan Donkey bergabung dengan geng, mereka membayangkan skenario masa depan di mana penjahat akan mencoba menghancurkan dunia, dan di mana anak laki-laki akan berdiri dan bertarung; skenario ini ditranskrip dan diberi label Kitab Nubuat (よげんの書, Yogen no sho ) .

Pada akhir 1990-an, Kenji adalah pemilik toko serba ada, menemukan pelipur lara dalam petualangan masa kecilnya saat dia merawat keponakan bayinya Kanna dan ibunya. Setelah Donkey dilaporkan melakukan bunuh diri, Kenji menemukan sekte besar yang dipimpin oleh seorang pria yang hanya dikenal sebagai "Teman". Dengan peristiwa terkini yang mulai menyerupai tindakan dari Kitab Nubuat, Kenji dan mantan teman sekelasnya mencoba mengingat siapa yang tahu tentang buku itu. Mereka menemukan lebih banyak peristiwa yang terjadi seperti pengeboman dan serangan virus di San Francisco , London , dan bandara utama Jepang.

Kenji dan mantan teman sekelasnya akhirnya mengungkap rencana untuk menghancurkan dunia pada Malam Tahun Baru 2000, yang disebut di bagian akhir cerita sebagai Malam Tahun Baru Berdarah, dengan menggunakan "robot raksasa", yang kemudian terungkap. menjadi balon raksasa dengan pelengkap robot, yang menyebarkan virus ke seluruh kota serta kota-kota lain. Kenji berhasil masuk ke dalam robot untuk menanam bom, namun dianggap tewas saat meledak. Dari acara ini, anggota Partai Demokrat Persahabatan (友民党, Yūmintō ) mendapatkan popularitas dan kekuasaan politik yang meluas dengan menghadirkan vaksin yang melawan virus, dan dengan demikian mengambil semua pujian untuk menyelamatkan dunia.

Empat belas tahun setelah Malam Tahun Baru Berdarah, Kanna adalah seorang gadis remaja yang bekerja di sebuah restoran Cina. Setelah dia mencoba menyatukan kelompok mafia untuk tujuannya. Sementara itu, Otcho berhasil kabur dari penjara dengan keamanan maksimum.

Kyoko Koizumi, yang bersekolah di sekolah Kanna, secara impulsif mengambil tugas sekolah untuk meliput Malam Tahun Baru Berdarah, tetapi segera terjerat dalam aktivitas yang melibatkan Teman dan orang-orang yang menentang mereka. Setelah selamat dari program cuci otak, dia bergabung dengan teman Kenji, Yoshitsune, dan pasukan perlawanannya.

Friend mengungkapkan rencana baru, kelanjutan dari Kitab Nubuat, di mana dia berencana untuk membunuh setiap manusia di Bumi kecuali enam puluh juta pengikutnya, tetapi dia kemudian dibunuh oleh ilmuwan utamanya Yamane. Setelah itu, pemakaman Friend menjadi tontonan di seluruh dunia, diadakan di stadion dengan Paus memberikan pidatonya. Di tengah layanan, Friend tampaknya bangkit dari kematian, dan ditembak di bahu oleh pembunuhnya sendiri. Dengan menyelamatkan Paus, Teman diangkat ke status seperti dewa. Sementara itu, ada wabah virus di seluruh dunia yang mengancam akan membunuh semua orang kecuali mereka yang telah divaksinasi.

Bagian terakhir dari cerita terjadi di Jepang yang baru direnovasi, di bawah "Era of Friend", yang telah melembagakan banyak perubahan aneh, termasuk pembentukan Pasukan Pertahanan Bumi, konon untuk melindungi Bumi dari invasi alien yang akan segera terjadi, mengasingkan mereka . tanpa vaksinasi, dan melarang perjalanan lintas wilayah, dengan ancaman hukuman mati. Selama jangka waktu ini, Kanna, yang diturunkan menjadi putri Friend, memimpin pemberontakan melawan pemerintahan Friend, meminta bantuan dari banyak kelompok, termasuk orang-orang yang selamat dari geng saingan dan organisasi mafia. Selama ini, Kenji, rupanya juga bangkit dari kematian dan membawa gitar khasnya, muncul kembali.

Serial ini berlangsung beberapa dekade dari tahun 1969 hingga 2017, yang terakhir dalam kronologi seri tersebut, menjadi 3FE (Tahun ke-3 Era Sahabat). Serial ini membuat tiga potongan garis waktu yang berbeda selama cerita; satu dari tahun 1971 hingga 1997, satu dari tahun 2000 hingga 2014, dan satu dari tahun 2014 hingga 3FE. Beberapa bagian dari serial ini juga diceritakan dalam kilas balik ke kejadian sebelumnya saat karakter berusaha mengungkap misteri siapa Friend itu dan bagaimana menghentikan rencananya untuk menghancurkan dunia; sebagian besar latar belakang masa kecil karakter hingga tahun 1970-an dan 1980-an diceritakan dengan cara ini.

4. Review 20th Century boys

Yang paling menarik dari manga ini bagi Urie adalah pandangan Naoki Urasawa mengenai masa depan dalam kurung waktu 20 tahun kedepan sangat menarik bagi saya terutama ketika menyangkut tentang wabah virus dan Pemerintahan dunia (united nation) sebagaimana yang telah kita alami mengenai virus covid-19 yang telah menelan 6.948.764 jiwa korban meninggal (update 05 Juli 2023) dan perbincangan tentang pemerintahan dunia saat ini.

Yang mana hal ini terkadang ingin Urie tanyakan kepada Naoki Urasawa, how atau bagaimana bisa beliau berpandangan jauh kedepan seperti itu.

Coba deh kalian sendiri pikirkan bisakah kalian menebak atau berspekulasi secara logis mengenai masa depan 20 tahun mendatang?.

Manga ini menjadi sangat menarik bagi Urie karena pembahasannya yang kompleks dan tinggi.

Problematika yang dihadirkan mencakup semua lini masyarakat yang ada, misalnya mulai dari ranah sosial dan politik dimana antagonis #13 adalah korban pencucian otak pertama yang merupakan dalang pembunuhan dan aksi terornya terhadap Donkey dan paus.

Dalam ranah agama dan kepercayaan tergerus dengan terbunuhnya para pemuka agama di jepang selain kepercayaan Sahabat tentunya, selain itu pada ujungnya terdapat percobaan pembunuhan Paus, pemimpin umat katolik dunia.

Ranah militer lewat intelejennya juga tak luput dari aksi, lewat pengiriman mata-mata dari masing-masing kubu Kenji dan Sahabat.

Dan yang paling mengerikan bagi Urie ada pada ranah kesehatan, ketika senjata biologis yaitu virus diciptakan, di produksi masal dan kemudian disebar di berbagai wilayah di dunia hingga kemudian menelan korban jutaan jiwa.

Dan kita semua baru saja kemarin mengalami wabah virus Covid-19 yang alhamdulillah kita yang sekarang selamat masih diberi kehidupan oleh YME. Dan uniknya peristiwa wabah virus telah disinggung jauh-jauh hari oleh Naoki Urasawa dalam manga 20th Century boys tersebut, terlepas Urie tidak tahu ya, apakah Covid-19 juga merupakan konspirasi sebuah elit global seperti yang digambarkan dalam 20th Century boys? 🤔 Who knows

Selain itu ranah lain seperti pendidikan, ideologi dan Sejarah juga tak luput dari permasalan tersebut.

Seluruh kisah tersebut terangkum dalam tiga latar waktu berbeda yaitu di sekitar tahun 70-an, sekitar tahun 2000an, dan sekitar tahun 2014an. Dalam alurnya, kisah menjadi semakin kompleks ketika informasi yang disajikan sering terjadi perubahan latar waktu tersebut baik flashback maupun flashforward. Karena itulah, pembaca manga 20th Century boys ini harus benar-benar dengan penuh konsentrasi agar bisa memahami jalan cerita dengan utuh dan tidak bingung. Urie sendiri terkadang butuh dua kali membaca panel agar informasinya dapat diterima dengan baik.

You may want to read this post:

Setelah membaca manga ini Urie mendapatkan beberapa perspektif diantara nya adalah :

  1. Segala sesuatu bisa terjadi, bahkan jika itu hanya sebuah khayalan anak-anak tetap bisa direalisasikan dimasa depan. Tentu saja butuh waktu dan proses yang tidak mudah. Tapi jika kita bersungguh-sungguh pasti bisa terwujud. Coba deh kamu ingetin lagi tokoh Sahabat yang pertama dia bukan dari orang kaya bahkan untuk pergi ke Expo saja dia kesulitan, tapi pada akhirnya dia bisa menjadi penguasa dunia. Meskipun ini hal negatif, tapi pelajaran yang disuguhkan sungguh sangat bermanfaat. 
  2. Tidak semua hal harus di selesaikan sekarang, rencana penghancuran dunia dimulai pada akhir abad 20 pada bulan Desember tahun 2000 digagalkan oleh Faksi Kenji dengan mengorbankan dirinya tapi tetap saja Sahabat berhasil meyakinkan dunia bahwa mereka adalah pahlawannya bahkan mereka sampai berkuasa sampai tahun 2018. Sehingga ini menyebabkan Faksi Kenji menjadi teroris dan gagal menyelamatkan dunia. Namun pada akhirnya Faksi Kenji berhasil membongkar dan menyelamatkan dunia pada tahun 2018an.
  3. Dukungan dari teman dan keluarga menjadi faktor penting dalam keberhasilan, terutama dalam sebuah tim, maka kekompakan menjadi kuncinya. Bahkan ketika Kenji kembali muncul dan menginspirasi masyarakat yang di perbudak untuk revolusi dan ketika diakhir kanna berhasil meyakinkan masyarakat untuk menonton konser itu membuat urie goosebumps sii, keren.
  4. Kesehatan tetap nomor satu, baik itu didalam manga 20th Century boys atau bahkan real life kemarin Covid-19, Kita bisa lihat manusia begitu panik ketika wabah penyakit melanda, dan mereka menghalalkan segala cara dalam bertahan hidup
  5. Masih banyak lagi perspektif yang Urie dapatkan dari manga 20th Century boys ini yang insyaallah nanti akan di buatkan tulisan khususnya.
Seorang penulis amatir yang selalu ingin belajar untuk terus mengembangkan diri dalam mencapai potensi penuh sebagai manusia bumi.